• icon (0333) 423235
  • icon perpenasbanyuwangi@gmail.com
  • icon Jl. Adi Sucipto No.26, Taman Baru, Banyuwangi
Grab your sword and fight the Horde

Restrukturisasi Kelembagaan

Avatar oleh Perpenas
2021-06-21

     Pasca kejadian konflik yang melanda, Badan Penyelenggara secara cepat dan bertahap melakukan recovery kelembagaan selama dalam kurun waktu dua tahun terakhir dan pada tahun 2020 yang lalu merupakan tahapan terakhir pemulihan organisasi. Hal ini dilakukan agar sistem organisasi dapat berjalan kembali secara berkesinambungan, komprehensif, integratif, efektif, efisien, akuntabel, dan transparan. Hal utama yang dilakukan oleh Badan Penyelenggara adalah melakukan peninjauan ulang berbagai fungsi dan struktur baik dari Badan Penyelenggara maupun pada seluruh satuan unit. Dalam struktur Badan Penyelenggara, PERPENAS melakukan perampingan struktur dengan menghapus keberadaan Perwakilan PERPENAS yang selama ini berperan sebagai kepanjangan tangan Badan Penyelenggara untuk melakukan pengawasan tata kelola pada satuan unit. Dengan adanya kebijakan ini, tugas pokok dan fungsi yang selama ini dilakukan oleh Perwakilan PERPENAS dialihkan dan akan dilakukan oleh Pengurus PERPENAS sesuai dengan bidangnya masing-masing. Hal ini menjadi bukti komitmen besar Badan Penyelenggara bahwa kebijakan yang digariskan dalam rangka efisiensi struktur kaya fungsi dan optimalisasi kinerja untuk menghindari tumpang tindih (overlapping) fungsi bersifat menyeluruh, bukan hanya pada tataran satuan unit.

     Selain pada penataan struktur organisasi internal Badan Penyelenggara, kebijakan efisiensi dan optimalisasi kinerja juga diterapkan pada seluruh satuan unit yang ada. Pada tahun 2020, tepatnya pada bulan Juli 2020, Badan Penyelenggara telah merekonstruksi struktur yang ada pada satuan unit SMP dan SMK di lingkungan PERPENAS dengan tetap mendasarkan pada prinsip efisiensi struktur kaya fungsi untuk menghindari tumpang tindih (overlapping) fungsi. Melalui sistematika dan mendasarkan pada evaluasi secara menyeluruh, penentuan pimpinan satuan unit dalam hal ini Rektor Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, Kepala SMK 17 Agustus 1945 Cluring, Kepala SMK Sri Tanjung Banyuwangi dan Kepala SMP 17 Agustus 1945 Cluring ditetapkan berdasarkan target pengembangan satuan unit beberapa tahun kedepan yang disinergikan dengan kompetensi personal, sehingga pada kebijakan ini terdapat mutasi antar satuan unit untuk menduduki jabatan pimpinan satuan unit. Kebijakan ini merupakan kebijakan terbaru semenjak sejarah berdirinya PERPENAS. Hal ini dilakukan semata-mata untuk pemerataan kompetensi dan target besar yang disematkan pada satuan unit untuk beberapa tahun mendatang. Hal ini dilakukan mengingat tantangan dan tingkat persaingan pendidikan kedepan yang semakin kompetitif, sehingga dibutuhkan personil yang siap untuk menjalankan sesuai dengan yang ditargetkan oleh Badan Penyelenggara.

     Selain penetapan pimpinan satuan unit, Badan Penyelenggara juga menerbitkan kebijakan terkait struktur yang harus diterapkan pada seluruh satuan unit SMP dan SMK berdasarkan Peraturan Perpenas 17 Agustus 1945 Banyuwangi Nomor 269/PP1/P/VII/2020 Tentang Perubahan Peraturan Perpenas Nomor 190/PP1/P/VI/2020 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar Dan Menengah Di Lingkungan Perpenas 17 Agustus 1945 Banyuwangi. Pada Peraturan PERPENAS yang ditetapkan tanggal 10 Juli 2020 tersebut diatur tentang struktur organisasi sekolah serta jenis tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan beban kerja Tenaga Pendidik serta struktur bagi Tenaga Kependidikan. Sedangkan pada satuan unit Perguruan Tinggi, implementasi kebijakan Badan Penyelenggara terkait tentang efisiensi struktur kaya fungsi ditetapkan berdasarkan pada Peraturan Perpenas 17 Agustus 1945 Banyuwangi Nomor 137/PP1/P/IV/2020 Tentang Statuta Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi. Program restrukturisasi yang telah dilakukan pada Tahun 2020 belum menyentuh pada seluruh satuan unit, dan akan dilanjutkan pada tahun 2021 dengan target utama adalah penataan pada satuan unit Taman-kanak-kanak (TK) dan Perguruan Tinggi.

"

Untuk menggerakkan dunia
pertama-tama kita harus menggerakkan diri kita sendiri.

Socrates