• icon (0333) 423235
  • icon perpenasbanyuwangi@gmail.com
  • icon Jl. Adi Sucipto No.26, Taman Baru, Banyuwangi
Grab your sword and fight the Horde

Penambahan Aset

Avatar oleh Perpenas
2021-06-21

     Efektifitas pengembangan pengelolaan suatu organsiasi tidak terlepas dari keberadaan aset. Perkembangan suatu organisasi dapat ditentukan adanya pengelolaan aset-aset secara optimal sehingga menghasilkan produktifitas tinggi dan meningkatkan nilai (value) bagi organisasi, baik aset yang berupa sumber daya manusia (individual dan sosial) maupun infrastruktur (fisik dan keuangan). Dalam pengelolaan aset infrastruktur fisik, pada tahun ini Badan Penyelenggara kembali menambahkan daftar aset tidak bergerak yang berupa tanah. Selain bertujuan untuk penambahan aset, pembelian lahan yang berada di sekitar area satuan unit SMK 17 Agustus 1945 Genteng juga dipergunakan untuk pengembangan infrastruktur satuan unit, sehingga dapat menjadi penopang tambahan dari infrastruktur yang sudah ada pada satuan unit.

     Seiring perubahan paradigma baru dalam pengelolaan aset, selain penambahan berupa pengadaan aset, Badan Penyelenggara mencoba memunculkan optimisme baru melalui best practice dalam penataan dan pengelolaan aset yang lebih tertib, akuntabel, dan transparan kedepannya dengan melakukan proses balik nama seluruh aset, yang semula atas nama personil dirubah menjadi atas nama Badan Penyelenggara, yaitu PERPENAS. hal ini dilakukan selain memberikan kepastian dan perlindungan hukum sebagai pemegang hak atas tanah juga menjadi bagian dari proses tertib administrasi dalam pengelolaan aset.

     Dalam hal pengelolaan aset Badan Penyelenggara bukan hanya sekedar administratif semata, tetapi lebih maju berfikir dalam menangani aset perpenas, dengan bagaimana meningkatkan efisiensi, efektifitas dan menciptakan nilai tambah dalam mengelola aset. Salah satunya adalah memanfaatkan aset yang berupa lahan produktif yang dijadikan sebagai lahan praktek peserta didi, dalam hal ini mahasiswa fakultas pertanian UNTAG Banyuwangi, juga dijadikan sebagai bentang lahan/landscape yang memiliki nilai berupa taman dan penanaman pohon pisang jenis cavendish. Melalui pengelolaan aset dengan mempertahankan suatu nilai bagi Badan Penyelenggara yang mampu dioptimalkan penggunaan dan pemanfaatannya sehingga terwujud kaidah-kaidah tata kelola organisasi yang baik (good governance).

"

Untuk menggerakkan dunia
pertama-tama kita harus menggerakkan diri kita sendiri.

Socrates