• icon (0333) 423235
  • icon perpenasbanyuwangi@gmail.com
  • icon Jl. Adi Sucipto No.26, Taman Baru, Banyuwangi
Grab your sword and fight the Horde

Pembangunan Sistem Informasi Berbasis Teknologi

Avatar oleh Perpenas
2021-06-21

     Selain pemenuhan kebutuhan sarana prasarana yang ada, kebutuhan akan sistem informasi dan teknologi yang mampu mengintegrasikan dengan seluruh bidang di lingkungan PERPENAS juga menjadi sangat penting. Sebagaimana yang tercantum dalam Roadmap PERPENAS, implementasi sistem informasi dan teknologi melalui program quick wins menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja.

     Diharapkan percepatan pembangunan sistem informasi dan teknologi yang saat ini sedang dirintis mampu mendukung rencana besar PERPENAS dalam memperbaiki efisiensi kerja dengan melakukan otomasi berbagai proses yang mengelola informasi, meningkatkan manajemen dengan memuaskan kebutuhan informasi guna pengambilan keputusan, serta memperbaiki daya saing atau meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi dengan merubah gaya dan cara kerja di tengah kondisi perkembangan teknologi yang berkembang sangat pesat. Hal inilah yang melatarbelakangi Badan Penyelenggara begitu sangat ambisi untuk membangun sebuah sistem integrasi secara terpusat, sehinga secara bertahap semua jenis pelayanan yang selama ini dilakukan secara konvensional sudah bergeser dengan memanfaatkan digitalisasi, baik akademik, sumber daya manusia, penerimaan peserta didik/mahasiswa, kepegawaian, pembelajaran, keuangan hingga pada pengelolaan manajemen aset.

     Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Badan Penyelenggara melakukan pembangunan sistem terintegrasi dengan komponen utama berupa pembangunan aplikasi (software) dan pengadaan server fisik (hardware) yang nantinya dijadikan sebagai penyimpanan sumber pusat data yang terintegrasi baik di Badan Penyelenggara maupun seluruh satuan unit. Sehingga, dengan adanya ketersediaan sistem informasi teknologi mampu mendukung PERPENAS dalam hal pemerataan dan peningkatan SDM, mendorong peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan, hingga kualitas manajemen pendidikan.

"

Untuk menggerakkan dunia
pertama-tama kita harus menggerakkan diri kita sendiri.

Socrates