• icon (0333) 423235
  • icon perpenasbanyuwangi@gmail.com
  • icon Jl. Adi Sucipto No.26, Taman Baru, Banyuwangi
Grab your sword and fight the Horde

Pembelajaran Daring

Avatar oleh Perpenas
2021-06-21

     Pembentukan kualitas pendidikan bukan berarti hanya sekedar menyediakan sarana dan prasarana, tetapi yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana akademik dan kesiswaan/kemahasiswaan dapat dikelola dengan baik, sehingga proses pendidikan dan pembelajaran dapat tercapai secara efektif yang memberikan implikasi pada pencapaian sebuah prestasi. Untuk itu, berbagai upaya telah dilakukan oleh PERPENAS sebagai Badan Penyelenggara agar pelayanan kepada peserta didik dan mahasiswa tetap dapat diselenggarakan semaksimal mungkin, sehingga pengelolaan akademik dan kesiswaan/kemahasiswaan tetap menjadi prioritas utama disamping program Badan Penyelenggara lainnya, khususnya di tengah kondisi pandemi covid-19 seperti saat ini.

     Dampak covid-19 sangat memberikan pengaruh besar kepada seluruh aspek yang ada, tidak terkecuali bidang pendidikan yang sangat terasa dampaknya, baik bagi pengelola pendidikan maupun peserta didik, dalam hal ini siswa dan mahasiswa. Dimana seluruh komponen yang ada dalam lingkungan pendidikan dituntut untuk cepat menyesuaikan dengan beradaptasi pada kondisi yang penuh akan ketidakpastian, khususnya terkait pola pembelajaran yang harus diterapkan. Terhitung sejak bulan Maret 2020, Pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim telah menetapkan kebijakan pembelajaran menjadi sistem pembelajaran jarak jauh. Di mana kegiatan belajar mengajar ini di lakukan dari rumah masing-masing atau secara online.

     Dengan adanya kebijakan tersebut, PERPENAS sebagai Badan Penyelenggara bergerak cepat untuk menyusun sebuah skema pembelajaran yang dinilai efektif, baik melalui rapat koordinasi dengan personil terkait di setiap satuan unit hingga proses monitoring dan evaluasi selama proses pembelajaran daring berlangsung untuk mengetahui seberapa jauh proses pembelajaran daring yang diterapkan berjalan dengan efektif baik tingkat TK hingga Perguruan Tinggi sehingga kendala yang terjadi dapat segera ditindaklanjuti dengan cepat agar proses pembelajaran kepada peserta didik tidak terganggu.

"

Untuk menggerakkan dunia
pertama-tama kita harus menggerakkan diri kita sendiri.

Socrates